Bagus Mana: Aplikasi Pinjaman Uang Online Kredivo atau Akulaku?

https://lh4.googleusercontent.com/2CIJUuSvftNp-EtJStZh7YQpKbzVacJR-zbrp7LEYAAHlSepv0P-L6jra80_nDpKl6PbFzRucE0diPXeNOEBFeehPdCqURLt4HOKiXUzn9oizBqox6-DYKg9iA3K3XNh7YUSeHLm

Siapa sih yang nggak kenal Kredivo dan Akulaku? Dua fintech paling populer ini dikenal karena menawarkan layanan kredit online atau cicilan tanpa kartu kredit di ratusan e-commerce dan marketplace. 

Sekarang, baik Kredivo maupun Akulaku makin memperlebar layanannya sebagai fintech dengan merambah ke produk atau menjadi aplikasi pinjaman uang online. Karena nggak punya CC alias kartu kredit, kebetulan sejak dua tahun lalu saya sudah menggunakan Kredivo dan Akulaku buat cicil barang. Pas banget saya target marketnya, jadi saya cukup mengikuti perkembangan dua fintech ini. 

Buat temen-temen yang tertarik pakai Kredivo atau Akulaku, tenang aja, mereka sudah terdaftar di OJK, kok. Sepengalaman saya pakai buat cicilan, nggak pernah ada masalah. Semua lancar asalkan kita juga bayarnya tepat waktu. 

Yang mau saya bahas kali ini adalah produk pinjaman uang online yang ditawarkan Kredivo dan Akulaku. Dengan adanya dua produk ini, bisa dibilang baik Kredivo maupun Akulaku sekarang udah jadi all in one app untuk kebutuhan finansial. Terutama untuk orang-orang yang nggak punya CC. 

Bulan lalu, saya butuh pinjaman uang kisaran Rp 3 jutaan. Karena udah terdaftar sebagai pengguna di dua fintech ini, saya nggak milih aplikasi pinjaman uang online lain. Saya akhirnya bandingin antara Kredivo dan Akulaku sebagai aplikasi pinjaman uang online, lebih bagus dan menguntungkan yang mana sih? Nah, berikut ini review saya.

Perbandingan dari sisi limit pinjaman, tenor, dan suku bunga

Di Kredivo, limit pinjaman yang berlaku bergantung dengan limit keseluruhan yang kita miliki sebagai pengguna atau akun Premium. Minimum pinjaman yang bisa diajukan mulai dari Rp 500 ribu buat jenis pinjaman mini. Nah, untuk jumlah maksimalnya, tergantung limit yang kita miliki untuk tenor 6 bulan. 

Contohnya, secara keseluruhan saya mendapatkan limit sebesar Rp 30 juta dari Kredivo. Limit yang tersedia untuk tenor 6 bulan adalah Rp 15 juta. Maka, saya bisa pinjam uang di Kredivo maksimal sampai Rp 15 juta dalam tempo 6 bulan. Tenor yang bisa kita pilih mulai dari 30 hari, 3 bulan, dan maksimal 6 bulan, dengan suku bunga yang menurut saya cukup rendah: cuma 2,6% per bulan, tanpa jaminan atau survei! 

Sebagai aplikasi pinjaman uang online, Kredivo juga menyediakan fitur simulasi pinjaman yang bisa kita gunakan sebelum mengajukan pinjaman. Untuk pinjaman Rp 3 juta saya, simulasinya: saya pilih pinjaman jumbo dengan tenor 6 bulan. Angsuran per bulan yang harus saya bayarkan adalah Rp578.000 termasuk bunga. Potongan biaya admin sebesar 6% dari total pinjaman adalah Rp180.000. Nah, total pinjaman yang saya terima adalah Rp2.820.000. Kalau dihitung-hitung, dengan angsuran segitu per bulan, maka total pinjamannya menjadi Rp578.000 x 6 = Rp3.468.000. 

Buat saya, apa yang diberikan Kredivo ini cukup menguntungkan. Mengingat jenis pinjamannya adalah pinjaman uang online yang cepat cair, tanpa jaminan, dan juga survei. Suku bunga 2,6% itu sudah sangat rendah kalau dibandingkan dengan fintech lainnya. 

Bagaimana dengan Akulaku? 

Sama seperti Kredivo, Akulaku juga menawarkan dua jenis pinjaman uang online: KTA Asetku dan Dana Cicilan. KTA Asetku memiliki limit pinjaman yang lebih kecil, maksimal sampai Rp 3 juta, sedangkan Dana Cicilan menawarkan limit pinjaman lebih besar maksimal sampai Rp 15 juta. Tenor untuk KTA tersedia mulai 12 hari sampai 30 hari, sedangkan untuk Dana Cicil tersedia tenor mulai 2 bulan dan maksimal sampai 12 bulan. 

Akulaku menawarkan suku bunga di kisaran 3% untuk Dana Cicilan dan di kisaran 3% – 5% untuk KTA Asetku. Sementara biaya administrasinya sekitar 1% untuk Dana Cicilan dan 9-13% untuk KTA. Dilihat dari sini, suku bunga Kredivo dan Akulaku sebenarnya beda tipis, namun Kredivo punya suku bunga lebih rendah. Untuk biaya administrasi, Akulaku lebih unggul untuk Dana Cicilan karena hanya 1%. 

Di aplikasi Akulaku, kita bisa juga melihat simulasi pinjaman dengan jelas sesuai nominal yang diajukan. Tinggal masukkan nominal dan pilih tenor, maka hitung-hitungannya bakal keluar. Nah, karena buat saya suku bunga lebih penting karena akan memengaruhi angsuran tiap bulan, saya lebih pilih pinjam uang online di Kredivo waktu itu. 

Perbandingan dari persyaratan daftar dan dokumen yang dibutuhkan

Seingat saya waktu daftar Kredivo pertama kali butuh waktu nggak sampai 15 menit. Untuk waktu approvalnya, cuma seharian. Hari ini daftar besoknya langsung diapprove. Syarat utamanya cuma ada tiga, yaitu: 

  1. WNI berusia rentang 18 sampai 60 tahun. 
  2. Berpenghasilan minimal Rp 3 juta per bulan. 
  3. Berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Bali, Yogyakarta, Solo, Malang, Makassar, Cirebon, atau Sukabumi. 

Kalau sudah memenuhi syarat, maka kita bisa langsung daftar lewat aplikasi Kredivo (download di Google Play Store atau App Store). Kalau sudah dapat limit dari Kredivo dan terdaftar di akun Premium, kita sudah bisa mengajukan pinjaman tunai dengan menggunakan fitur yang tersedia di aplikasi Kredivo: pinjaman mini atau pinjaman jumbo. 

Akulaku juga memiliki syarat daftar yang singkat seperti Kredivo, di antaranya: 

  1. WNI berusia minimal 23 tahun dan memiliki E-KTP. 
  2. Berdomisili di Provinsi DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, dan Sumatera Barat. 
  3. Memiliki slip gaji/internet banking. 

Pendaftaran Akulaku juga hanya bisa dilakukan melalui aplikasinya yang dapat diunduh di Google Play Store atau App Store. Dibanding Kredivo, Akulaku memiliki jangkauan wilayah daftar yang terbilang lebih luas. Tapi dari sisi minimal umur pendaftar, Kredivo lebih ungul. Perbedaan ini bisa menjadi alternatif bagi teman-teman yang tertarik menggunakan layanan kredit online. 

Proses pencairan pinjaman

Karena cocok dengan simulasi pinjaman yang ditawarkan Kredivo, saya langsung melanjutkan proses pengajuan pinjaman. Isi form pinjaman jumbo cuma 5 menit. Setelah keluar simulasinya, saya tinggal ngisi nomor rekening atas nama pribadi dan submit pengajuan. Dalam 3 jam, di hari kerja, saya langsung dapat notifikasi kalau pengajuan pinjaman disetujui. Setelah itu, saya cek rekening dan pinjaman saya sudah cair sesuai simulasi yang diberikan. 

Di aplikasi Kredivo sendiri, setelah pinjaman cair, limit langsung berkurang. Dan di bagian histori saya bisa melihat transaksi pinjaman saya beserta tanggal dan nominal jatuh temponya setiap bulan. Segampang & sepraktis itu. Barangkali ada teman-teman yang butuh pinjaman juga, saran saya cobain Kredivo deh.

Leave a Reply